15 November 2012

Chromebook,Laptop Baru Racikan Google Ber-OS Chrome

kebanyakan laptop yang beredar sekarang ini ber os windows entah itu xp vista atau yang terbaru windows 8.Tapi bila anda sudah bosan atau ingin laptop yang baru dan berbeda dari yang lain alangkah baiknya beralih laptop terobosan dari raksasa internet google.Kini google membuat terobosan baru laptop dengan sistem operasi buatan sendiri yaitu chrome namanya chromebook.Sekilas namanya seperti browser ciptanya google chrome yang telah banyak membuat pengguna internet beralih dari browser lain ke google chrome yang lebih ringan dan cepat.

Seperti di kutip dari kompas.com Chromebook adalah nama yang disematkan Google untuk konsep platform laptop berbasis cloud computing. Semua aplikasi yang diperlukan bisa diakses langsung dari internet. Semua data juga disimpan di layanan cloud sehingga pengguna tak perlu khawatir jika laptop hilang atau dicuri orang. Tinggal ganti laptop baru, semua aplikasi dan data tetap aman seperti semula.

"Inti dari laptop Chromebook ini adalah browser Chrome," tulis Linus Upson, Vice President of Engineering, dan Sundar Pichai, Senior Vice President Chrome dalam blog resmi Google. Karena aplikasi terkumpul di cloud, kalau butuh tinggal search dan klik untuk mengaksesnya. Chromebook sudah dilengkapi akses internet 3G untuk terhubung ke internet kapan pun dan di mana pun.

Karena tak menggunakan sistem operasi pada umumnya laptop sekarang, waktu booting diklaim jauh lebih cepat. Untuk akses web atau e-mail, bisa dilakukan dalam hitungan 8 detik sejak laptop dinyalakan. Daya tahan baterainya pun sampai seharian sehingga pengguna tak perlu bolak-balik isi ulang. Selain itu, aplikasi yang digunakan akan selalu di-update kalau ada versi terbaru sehingga pengguna mendapatkan pengalaman yang lebih baik.

Nama Chromebook diumumkan dalam ajang Google I/O yang mempertemukan sekitar 5.000 pengembang aplikasi di San Francisco, Amerika Serikat, Rabu (11/5/2011).

Acer belum lama ini memperkenalkan perangkat laptop yang menggunakan sistem operasi Chrome alias Chromebook. Produk yang dinamai Acer C7 ini memiliki harga yang cukup terjangkau, yaitu 199 dollar AS atau sekitar Rp 2 juta

Acer tidak terlalu memberikan detail dari spesifikasi C7 ini. Namun, diketahui kalau perangkat laptop ini memiliki layar berukuran 11,6 inci yang mampu menghadirkan tampilan dengan resolusi 1366 x 768. Laptop Acer C7 ini memiliki bobot 1,5 kg.

Acer C7 ini juga dilengkapi dengan media penyimpanan sebesar 320GB. Acer masih menambahkan layanan penyimpanan berbasis cloud, Google Drive, dengan kapasitas super besar, yaitu 100GB.

Acer C7 akan dijual melalui toko online Google Play. Sayangnya, belum diketahui kapan perangkat ini hadir di Indonesia.

Pada pertengahan bulan Oktober yang lalu, Samsung telah meluncurkan sebuah laptop berbasiskan Chrome.

Notebook Chromebook buatan Samsung ini begitu digemari karena dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu 249 dollar AS atau sekitar Rp 2,4 juta.
(Kompas.com)

Apakah anda tertarik untuk memiliki laptop baru racikan dari mbah google bila iya bersabarlah menunggu hingga mendarat di tanah air.


0 komentar:

Posting Komentar