21 Oktober 2011

Mengenal Android 4.0 Ice Cream Sandwich

Google dan Samsung mengumumkan smartphone baru nya Samsung Galaxy Nexus, bersamaan dengan itu dirilis juga versi Android terbaru yang nantinya akan menggabungkan sistem operasi antara tablet dan smartphone.

Secara singkat, Galaxy Nexus adalah ponsel dengan Android 4.0 Ice Cream Sandwich pertama dan memiliki layar lebar 4,65'' beresolusi HD 1280 x 720 piksel. Ice Cream Sandwich juga menggunakan jenis font baru yang bernama Roboto. Apa saja fitur baru dari Ice Cream Sandwich ?
1. Lock screen
Kini lebih banyak informasi yang ada pada halaman depan lock screen dari ICS seperti jam, hari, tanggal, sisa batere, dan ada animasi ketika membuka kunci layar. Seperti sudah di rumorkan sebelumnya, ICS kini bisa membuka kunci layar dengan menggunakan fitur pengenalan wajah selain tentunya cara unlock standar Android tradisional.
2. Homescreen dan Launcher
Widget pada homescreen kini, seperti pada Honeycomb, bisa di atur ukurannya dan bisa di gulirkan sesuai dengan peruntukan widget masing-masing. ICS juga kini sudah siap untuk menjadi OS ponsel tanpa tombol alias full touchscreen dengan memanfaatkan 3 tombol dasar Android secara virtual sebagai pengganti tombol fisik. Sama seperti pada iOS, membuat folder antar ikon secara default bisa dilakukan dengan menimpakan satu ikon ke ikon lain.

Task manager ICS memiliki tampilan serupa Honeycomb dan untuk menghapus satu aplikasi dari daftar multitasking cukup dengan menggeser aplikasi tersebut keluar. Google juga membuatkan cara mudah untuk mengambil screen capture yakni dengan menekan tombol volume down dan power berbarengan dan hasil screenshot nya akan tertampil dengan gaya polaroid.

3. Browser
Browser bawaan ICS memudahkan penggunaan untuk mengakses tab dan membuka laman website seperti versi desktop nya juga bisa di atur sejak awal jadi memudahkan pengguna yang tidak menyukai tampilan mobile. Jika Anda adalah penggemar semua produk Google dan menggunakan Chrome sebagai browser favorit pada komputer, maka ICS memungkinkan untuk sinkronisasi bookmark antara browser bawaan dengan Google Chrome di komputer.
Fitur standar browser seperti incognito mode (private browsing) kini juga sudah tersedia untuk digunakan.
4. Data Usage
Fitur ini penting untuk pengguna Android yang memakai paket internet dengan kuota karena fitur ini akan memantau aplikasi apa saja yang mengakses data serta berapa banyak data yang tersedot. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menyetel alarm secara manual untuk jika suatu aplikasi menggunakan data terlalu banyak. Pengguna juga bisa mematikan penggunaan data suatu aplikasi jika sudah melewati batas kuota yang di atur untuk aplikasi tertentu.

5. Kamera dan foto
Google mengklaim kalau tidak akan ada jeda untuk pengambilan foto dengan kamera. Jadi pengguna yang gemar mengambil banyak foto sekaligus atau tidak suka dengan jeda tiap kali mengambil foto akan tertolong dengan fitur ini. Gallery pada ICS juga mengalami perubahan dengan tersedianya fitur editing foto sederhana. Mode panorama kini juga tersedia secara bawaan pada aplikasi kamera.

Selain itu ada juga beberapa perubahan lain pada ICS seperti perubahan nama dari yang dulunya adalah ''contacts'' sekarang menjadi ''people''. Terdengar seperti Windows Phone 7 ? ya, karena tampilan dari people juga menyerupai fitur ''people'' pada tile di Windows Phone 7 dengan penyatuan daftar percakapan baik melalui SMS, Facebook, Twitter, Google Talk, dan aplikasi lain yang memiliki plug-in API nya. People juga akan menampilkan update status sosial terbaru dari daftar orang yang ada didalamnya.

Google meningkatkan kemampuan voice command pada keyboard bawaan ICS, dimana sekarang hasil ketikan melalui suara akan langsung tertampil di layar berbarengan dengan perintah suara yang masuk. Jadi tidak akan ada jeda tunggu tiap kali mengetik pesan melalui fitur speech-to-text pada ICS.
Satu lagi adalah Android Beam. Fitur ini utamanya adalah dengan memanfaatkan NFC untuk saling berbagi konten. Sama seperti pada Symbian Belle, pengguna cukup mendekatkan dua handset ICS untuk saling berbagi konten seperti daftar kontak, file multimedia, dokumen, dan file lain yang bisa dibagi.

Untuk Anda Android mania, SDK dari Ice Cream Sandwich sudah bisa diunduh dari android.com.
Sumber:teknouap

0 komentar:

Posting Komentar