2 Juni 2013

Fakta Ilmiah Tentang Deja Vu

Anda sering mengalami deja vu alias sebuah perasaan pernah mengalami sesuatu tetapi sebenarnya belum pernah terjadi? Kalau sering mengalami deja vu itu artinya otak Anda sering mengalami kejang sesaat.

Deja vu berasal dari bahasa Prancis deja vecu yang artinya pernah mengalami. Deja vu didefinisikan sebagai perasaan yang muncul karena merasa pernah mengalami, melihat, mendengar tapi sebenarnya belum pernah terjadi.

Berdasarkan temuan dari Fabrice Bartolomei, MD, Ph.D., seorang profesor di Neurophysiologie Clinique, Marseille, Prancis, yang telah dipublikasikan dalam Neurology pada tahun 2004, saat deja vu terjadi ada 14 rangsangan dari otak korteks entorhinal (bagian pengolahan memori).

Pengalaman deja vu, seperti dilansir Psychiatryonline, juga merupakan reaksi yang umum terjadi karena adanya kejang lobus temporal. Bukti penelitian menunjukkan bahwa bagian tengah lobus temporal menyebabkan adanya timbul pengalaman, yang berkaitan dengan deja vu.

Beberapa studi lain telah menunjukkan bahwa adanya stimulasi listrik di hipokampus dan amigdala juga dapat memicu terjadinya pengalaman deja vu.

Pengalaman deja vu bisa terjadi dari dua struktur lain yang terletak berdekatan di lobus temporal tengah, korteks entorhinal dan perirhinal korteks yang belum dieksplorasi. Disana ada dua rangsangan dari korteks perirhinal, dua rangsangan dari amigdala dan salah satu stimulasi hippocampus.

Intinya saat mengalami deja vu, peneliti sepakat adanya suatu kejutan atau kejang sesaat yang terjadi di otak dalam waktu cepat. Akibatnya, pengalaman baru tampak serupa dengan pengalaman yang pernah dirasakan padahal belum pernah terjadi.

Kondisi kejang otak sesaat ini menurut peneliti sama seperti yang dialami penderita epilepsi. Menariknya, beberapa orang penderita epilepsi punya pengalaman seperti itu sepanjang waktu. Serangan epilepsi melibatkan penembakan acak saraf di lobus temporal yang di dalamnya terdapat hippocampus yang itu bisa menjadi rangkaian sirkuit.

Peneliti lainnya mengatakan konflik diantara dua otak yang berbeda membuat orang mengalami deja vu. Bagian otak neocortex menyadari Anda belum pernah berada dalam situasi sebelumnya, tapi bagian hippocampus memberitahukan Anda pernah memiliki pengalaman itu.

Sumber:detik.com


9 komentar:

  • Anonim says:
    18 Juli 2013 pukul 16.08

    maksih gan infonya. keren...

  • Unknown says:
    4 November 2013 pukul 17.51

    Tx ya infonya,blog ini bagus bgt,byk info2 lain yg saya suka dan bermanfaat.

  • hmy96 says:
    3 Desember 2013 pukul 20.02

    saya sering mengalami deja vu

  • Thorick Khaikal F says:
    19 Januari 2014 pukul 19.00

    gan, pas ane tidur ane mimpi, dan keesokannya hal itu terjadi persis sama persis kyak di mimpi gue

    apakah itu juga termasuk DEJA VU Gan ??

  • Unknown says:
    24 April 2014 pukul 20.29

    sudah ke-3 kalinya mimpi yg sama dan ngerasa udah paernah terjadi, waktu mimpi jg kejang

  • Victor India carly says:
    26 April 2014 pukul 23.44

    Saya juga sering mimpi dan berpa hari kemudian terjadi, jadi pernah sekaLi mimpi terbukti kejadian sama seperti yg aq alamin pada waktu mimpi itu dan Saya buktiin dalam hati seperti " abis ini pasti muncul orang setelah orang itu muncul pasti ada yg nlp, eh bener2 terjadi " apakah itu de ja vu ?

  • Aulia says:
    11 November 2014 pukul 16.34

    iya makasih infonya ya

  • Unknown says:
    30 September 2016 pukul 04.53

    kami, disini mencoba datang dan menawarkan sedikit bantuan kecil kepada anda sekalian, kami tidak pernah menyarankan anda untuk berhutang atau berbisnis pada makhluk gaib, semua adalah terserah anda dan keputusan ada di tangan anda, manis-pahitnya hidup adalah cerita dunia yang bersifat temporer, namun adakalanya anda dalam situasi yang sangat terdesak sehingga membuat anda menjadi gelap mata untuk kesana-kemari mencari pinjaman dana demi melunasi hutang anda atau hal lain. sekali lagi, dalam hal ini, kami hanya menawarkan sebuah solusi, tidak memaksa, mengajak ataupun menyuruh anda. karena kami sangat terimakasih kepada ky witjaksono yang telah menolong saya dalam kesulitan,ini tidak pernah terfikirkan dari benak saya kalau nomor yang mbah berikan bisa tembus dan alhamdulillah kami juga bisa di bantu melalui uang gaib bagi anda yang ingin di bantu hubungi ky witjaksono di 0852_2223_1459. ingat kesempat tidak akan datang untuk yang kedua kalinga
    klik=>>> BUTUH UANG GAIB

Posting Komentar