15 Maret 2014

Penjual Jamu Gendong Di Daerah ku

Jamu gendong siapa yang tidak tahu jenis jamu ini,,di jual oleh si mbok dengan di gendong keliling dalam menjajakan dagangannya.Mengunakan baju khas jawa kebaya dan kain jarit serta selendang itulah ciri khas dari penjual jamu gendong.

Di tempat saya tinggal ada seorang ibu yang masih eksis dari dulu hingga sekarang berjualan jamu gendong.Tiap pagi  dengan berjalan kaki beliau berkeliling menyusuri jalan menawarkan jamu kepada pelangganya.

Beliau adalah asli orang solo dari cara berbicaranya masih terdengar kental gaya bandek orang solo meskipun telah lama tinggal di kebumen.Tutur katanya lembut mejadikan konsumen merasa senang saat membelinya.

Rasa jamunya enak dan alami karena meracik sendiri,sebab saat ini ada juga jamu gendong yang bukan alami tapi jamu instan yang di beli di pasaran.Inilah yang menjadikan kelebihan dari jamu buatan ibu asal solo ini alami dan bebas bahan kimia.

Ada tiga jenis jamu yang di jual wanita asal solo ini yaitu jamu beras kencur jamu kunyit asam serta jamu daun pepaya.Dan saya selalu konsisten dari dulu hingga sekarang beli jamu beras kencur karena tidak suka jamu yang pahit.

Manfaat jamu gendong banyak sekali seperti jamu kunyit asam bermanfaat melancarkan datang bulan.Jamu daun pepaya untuk melancarkan asi bagi ibu yang baru saja melahirkan serta jamu beras kencur untuk kekebalan tubuh.Oh,,ya jamu daun pepaya juga bermanfaat untuk menambah nafsu makan.

Saya pernah membeli jamu di penjual lain,rasanya aneh tidak kental tapi orang jawa bilang cower.Jamu instan buatan pabrik tidak baik di konsumsi dalam jangka waktu lama karena ada kandungan bahan kimia berbahaya.

Untuk mengetahui apakah penjual jamu gendong membuat jamu sendiri atau jamu instan buatan pabrik sangat mudah yaitu dengan melihat jari dan telapak tangan bila terlihat bersih berarti menggunakan jamu instan tapi bila tidak bersih ada bercak kuning itu menandakan bekas dari memeras ramuan jamu,berarti jamu yang di jual alami tak perlu was was meminum karena tanpa bahan kimia aman untuk di konsumsi.

0 komentar:

Posting Komentar