25 Juni 2011

Mengenal Facetime di Perangkat iphone dan ipad


Aplikasi ini muncul pertama kali bersama dengan peluncuran ponsel Apple anyar saat itu, iPhone 4. Fitur ini dianggap sebagai jawaban Apple terhadap fitur serupa di ponsel-ponsel 3G. Tapi bukan Apple namanya kalau hanya mencomot ide aplikasi lain tanpa ada modifikasi. Err.. kalau tidak ingin dibilang ‘main aman’.
Berbeda dengan video call yang menjadi salah satu layanan 3G, Facetime sengaja tidak dibuat untuk berjalan di jalur seluler. Beberapa pihak menduga hal ini sengaja dilakukan Apple untuk main aman, menghilangkan ‘faktor luar’ penyebab mundurnya kualitas ber-videocall. Jadi, Facetime hanya bisa digunakan via jalur WiFi. *kecuali jika iPhone 4 Anda sudah dijailbreak. Sst
Dengan berjalan di jalur WiFi maka koneksi akan relatif stabil dan kualitas pembicaraan tentu akan lebih baik ketimbang menggunakan jalur 3G.
Facetime di iPad 2
Cerita berlanjut dan iPad 2 pun muncul membawa fitur yang sama. Satu-satunya keuntungan adalah pada lebar layar yang akan lebih memuaskan ketika Anda benar-benar ingin melepas rindu dengan Facetime. Meskipun dengan resolusi yang sama (VGA) akan tampak tidak padat di layar selebar itu.

cara menggunakannya:

1. Akses Facetime melalui ikon aplikasi-nya.
2. Masukkan ID Apple Anda. Email pada ID Apple Anda akan menjadi semacam nomor telepon alias ID Facetime untuk bisa dihubungi dari perngkat lain.

Artinya berbeda dari Facetime iPhone 4 yang menggunakan nomor telepon yang terpasang di peranagkat. Jika belum punya, atau ingin membedakan dengan akun yang terdaftar di Macbook misalnya, bikin baru saja. Klik create new account.
3. Masukkan data-data akurat pada kolom-kolom yang muncul.

4. Jika sudah sign in, Anda akan menemukan halaman seperti ini. Dimana nama kontak akan ada di sisi kanan. Jika di iPad 2 Anda belum ada kontak, klik tanda plus untuk memasukkan email Facetime rekan dan keluarga Anda.

5. Klik kontak untuk melakukan sambungan Facetime. Berikut ini adalah tampilannya ketika sudah tersambung.

Apa saja yang bisa kita lakukan di Facetime?
A. Anda bisa memindahkan layar kecil (yang menjadi preview tampilan kita yang dilihat lawan bicara) ke semua sudut layar untuk video call yang lebih baik. Tapi Anda tidak bisa menghilangkannya.

B. Anda bisa mengubah posisi layar, hanya dengan merotasi iPad dari portrait ke landscape atau sebaliknya. Ini sangat bermanfaat jika Anda bermaksud menghadirkan lebih banyak orang di satu kamera sekaligus.
C. Anda bisa menekan tombol home untuk membuka aplikasi lain. Pembicaraan (voice) dengan lawan bicara akan tetap berlangsung, hanya saja di seberang sana, Anda dianggap tengah mem-pause Facetime. Anda bisa melanjutkannya kembali dengan menyentuh bar hijau yang berada di atas home screen.

D. Anda bisa merubah kamera yang digunakan untuk tertampil di layar lawan bicara dengan menyentuh tombol switch kamera (paling kanan= bergambar kamera dengan tanda panah di kedua sisi).

TIPS Meningkatkan Kualitas Facetime
1. Pastikan Anda memulai gunakan Facetime di ruangan yang penuh dengan cahaya. Atau setidaknya cukup lah. Karena apabila Anda melakukannya di ruangan yang kurang cahaya, gambar akan terluhat ber-noise.
2. Gunakan jalur WiFi yang sinyalnya paling kuat dan menggunakan provider internet berkecepatan tinggi.
3. Jika muka Anda terlalu besar untuk Facetime. Hehe. Coba gunakan orientasi landscape.

0 komentar:

Posting Komentar