1 Juni 2011

Mundur Selangkah Demi Orang Lain


Di sebuah jalan raya tinggal dua keluarga yaitu Li dan Chang. Bila kita melewati rumah keluarga Chang, sering terdengar suara ribut-ribut, jika bukan suara berkelahi, tentu suara orang memaki, menangis dan melempar barang.

Sedangkan di seberang jalan di rumah keluarga Li, sering terdengar orang berbicara dengan sopan, lemah lembut dan sering terdengar suara bercanda dan suara orang tertawa gembira.

Suatu hari Chang bertemu dengan Li, dengan heran dia bertanya kepada Li, “Sungguh heran, kenapa dirumah kalian sering terdengar suara tertawa gembira, tidak pernah terdengar suara pertengkaran? Bagaimana bisa begitu?”

Li berkata,"Setiap anggota keluarga kami selalu mengganggap dirinya bersalah, sedangkan setiap anggota keluarga kamu selalu mengganggap dirinya ada orang yang benar.”

“Kenapa bisa begitu, orang aneh, didunia ini mana ada orang yang mengatakan dirinya sendiri orang yang bersalah?”

Li melanjutkan perkataannya,”Pada suatu hari di tangga rumahmu ada sebuah gelas diletakkan di anak tangga, gelas itu diletakkan oleh Athe beberapa waktu yang lalu, ketika Achung melewati anak tangga tanpa sengaja menyenggol gelas tersebut sehingga pecah dan melukai kakinya, coba engkau terka apa yang dikatakannya?

Achung segera membuka mulutnya memaki, ”Athe, kenapa meletakkan gelas ini disini, lihat gara-gara kamu kaki saya terluka! Athe segera membalas, semua ini kesalahan kamu sendiri, jalan tidak memakai mata! Heeeh! pantas saja terluka! Kemudian apa yang terjadi… tentu saja mereka berdua berkelahi.”

“Semua inikan hal yang normal?” Chang dengan tidak mengerti menjawab.

“Tidak… jika orang dirumah saya menyenggol gelas itu, akan berkata, ”Aduh! Saya sungguh tidak berhati-hati, sudah menyenggol pecah gelas ini, celaka, bagaimana jika nanti terpijak oleh orang lain .. lalu orang yang meletakkan gelas datang meminta maaf, maaf! Maaf!, tadi saya akan membawa gelas ini ke lantai atas tetapi tiba-tiba ada telepon masuk … saya lupa membawanya… maaf!”

“Lihat dengan demikian, bukankah hasilnya lebih bagus?”

Chang sekarang langsung mengerti maksud Li.

Setiap manusia ketika bergaul dengan orang lain dapat mengalah selangkah, bersikap sopan, penuh toleransi dengan orang lain, maka akan seperti keluarga Li ini.

Setiap orang tidak mengeluarkan kata-kata yang memaki, menggantikan memaki dengan meminta maaf, mengubah sifat marah menjadi penuh perhatian, bukankah dengan demikian semuanya akan berjalan dengan baik?.

Ttidak saja bisa merubah sebuah pertengkaran yang tidak seharusnya terjadi, membuat lebih banyak dosa dengan memaki, malah bisa mempererat hubungan satu sama lain.

Li berkata bahwa semua anggota keluarganya berpikir untuk mencari kesalahan kepada diri sendiri saat menemui konflik.

Apabila di dunia ini semua orang menganggap dirinya selalu benar, begitu menemui masalah menyalahkan keluar, mereka tidak dapat mengintropeksi diri sendiri terhadap kejadian yang terjadi dilingkungannya, sebaliknya, jika selalu mengganggap diri sendiri orang bersalah, selalu karena tidak berhati-hati membuat kesalahan, supaya tidak menyusahkan orang lain, dia akan senantiasa menjaga sikapnya, akan selalu intropeksi diri, bukankah demikian?

Semoga Anda juga selalu memperhatikan orang disekitar Anda, membuat masalah besar menjadi masalah kecil, masalah kecil menjadi sirna. Mundur selangkah demi orang lain, Anda akan menyadari hubungan antara manusia sebenarnya tidak serumit yang Anda bayangkan. (Erabaru/hui)

0 komentar:

Posting Komentar